Minggu, 28 November 2010

Bayi TKI terlantar di Malaysia

Penelantaran Bayi
Telantar, 5 Anak Balita TKI Dipulangkan
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Senin, 7 Juni 2010 | 14:35 WIB

 KOMPAS.com/Caroline Damanik
Lima anak TKI yang dipulangkan dari Malaysia karena terlantar diserahkan kepada tiga Rumah Perlindungan Sosial Anak, Senin (7/6/2010).
 
JAKARTA, KOMPAS.com — Lima anak balita dipulangkan ke Indonesia oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Malaysia untuk ditempatkan di rumah perlindungan sosial anak. Kelimanya dipulangkan karena ditelantarkan oleh ibunya yang menjadi tenaga kerja di Johor Bahru, Malaysia.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Koordinator Pelayanan Warga dan Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Suryana Sastradiredja kepada Sekjen Kementerian Sosial Chazali Husni Situmorang dan diteruskan kepada perwakilan rumah perlindungan sosial anak di kantor kementerian, Senin (7/6/2010).
Amirul Nizam (3) diserahkan ke Rumah Perlindungan Sosial Anak (RSPA) Bambu Apus, Rizky Wahyu Akbar (3 bulan) ke RSPA Muhammadiyah Bandung, serta Arya Johari (2 bulan), Aryanto Wibowo (2 bulan), dan Tiara Aminah (3 bulan) ke Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta.

Kelima anak balita itu dipulangkan karena berbagai alasan. Nizam dipulangkan karena ibunya dipenjara. Rizky telantar karena ibunya tidak bisa menunjukkan dokumen sah. Sementara Arya, Aryanto, dan Tiara ditinggalkan oleh ibunya tanpa identitas sama sekali.
Perawatan fisik kelimanya akan berada di bawah tanggung jawab masing-masing RSPA. Selanjutnya kementerian dan KJRI akan bekerja sama mencari orangtua dari anak balita yang belum diketahui identitasnya itu. Jika tidak ditemukan juga, akan dicarikan keluarga penggantinya.

http://nasional.kompas.com/read/2010/06/07/14353422/Telantar..5.Anak.Balita.TKI.Dipulangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar