Minggu, 28 November 2010

bayi terlantar TKI indonesia

Bandara internasional Soekarno Hatta, Jakarta. Di sinilah setiap harinya, sekitar 1000 lebih pahlawan devisa pulang dan menginjakkan kaki pertama kali di Tanah Air. Setiap pekan ada saja Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang datang dalam kondisi hamil, atau bahkan sudah menggendong bayi.

Dari hampir tiga juta TKI dan TKW yang tersebar di berbagai negara, pekerja di Malaysia dan Timur Tengahlah yang paling banyak mendapat perlakuan tindak kekerasan.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Migrant Care mencatat, setiap tahun lebih dari 100 TKW pulang dengan kondisi hamil atau membawa bayi hasil diperkosa majikan. Sampai di kampung halaman, derita para TKW bertambah berat karena harus menerima stigma buruk, pulang membawa aib. Padahal mereka hanya menjadi korban.

Di Rumah Penitipan Dinas Sosial DKI, kini banyak balita tak bertuan, termasuk anak TKW hasil hubungan terlarang dengan sang majikan. Hasil penelusuran tim SCTV di Kota Cianjur dan Sukabumi, banyak dijumpai anak-anak yang lahir dari hubungan terlarang.
 
Seperti salah seorang ibu di kawasan setempat, mengaku mendapat cucu oleh-oleh dari anaknya sepulang menjadi TKW di Timur Tengah. Di Kampung Cibeber, Cianjur misalnya, tim SCTV menemukan seorang anak berparas khas Timur Tengah yang dibawa sang ibu pulang ke Indonesia setelah bekerja sebagai TKW di Kuwait.

Pada banyak kasus, posisi TKW sangat lemah tanpa perlindungan, dan hukum Indonesia tak mampu menjangkau mereka. Banyaknya bayi-bayi hasil perkosaan seperti ini, tentu akan menjadi masalah serius di kemudian hari.(IDS/Vin)

http://beta.hileud.com/hileudnews?title=Setiap+Tahun+Ratusan+TKW+Pulang+Bawa+Bayi&id=435344

Tidak ada komentar:

Posting Komentar